Retail
Retail
- PENGERTIAN
Retail adalah aktivitas penjualan barang ataupun jasa secara langsung kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi.
Menurut
Kotler (2006:215) usaha eceran/retailing adalah semua aktivitas yang dilakukan
untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen akhir bagi penggunaan pribadi
dan bukan untuk bisnis.
- FUNGSI
Menurut
Lamba (2003:22), fungsi-fungsi retailing adalah sebagai berikut:
- Deciding on an appropriate mix product and services (menentukan penyediaan barang dan jasa yang beragam).
- Converting larger quantities purchased into individual units (mengubah jumlah pembelian yang besar menjadi jumlah pembelian individu)
- Holding inventory (menguasai persediaan)
- Providing display and additional service (melengkapi display dan pelayanan dan tambahan) Usaha eceran (retailing) dapat dikelompokkan ke dalam berbagai kategori.
- Memberikan beragam produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan.
- Bisnis retail berfungsi sebagai perantara antara distributor dengan konsumen akhir.
- Membeli dan menyimpan barang.
- Memberikan informasi, mengenai sifat dasar dan pemakaian barang tersebut.
- Memberikan jaminan produk layanan purna jual, dan turut menangani keluhan pelanggan.
- Memberikan fasilitas kredit dan sewa.
- CONTOH
Contoh
Retail
Alfamart,Indomart,Alfamidi,Tiptop,
dll
Pizza
Hut, McD, KFC, dll
Matahari Departemen Store, Ramayana, dll
Super Indo, Giant, dll
- KELEBIHAN & KEKURANGAN
- Kelebihan usaha ritel
- Memberikan kenyamanan dalam berbelanja..
- Umumnya lokasi usaha ritel strategis.
- Memberikan barang dan jasa yang kita semua butuhkan, dari makanan hingga alat elektronik.
- Kekurangan usaha ritel
- Keahlian dalam mengelola toko ritel yang kurang tepat yang mengakibatkan usaha tidak berkembang.
- Harga yang sudah di tetapkan , dan tidak bisa tawar menawar.
- Promosi usaha tidak dapat dilakukan dengan maksimal, sehingga ada usaha ritel yang tidak diketahui olah calon pembei/pelanggan.
Komentar
Posting Komentar