PERKEMBANGAN RITEL DI INDONESIA
PERKEMBANGAN
RITEL DI INDONESIA
Bisnis ritel
adalah penjualan produk kebutuhan konsumen secara eceran. Para pengusaha ritel
memberi barang tersebut dari pabrik, agen, suplier, reseller yang kemudian
dijual kembali dalam jumlah kecil (eceran) kepada penjualan akhir yaitu masyarakat.
Ritel di indonesia berkembang pesat dari ritel tradisional hingga saat ini
menjadi ritel modern.
Ritel muncul dan
berkembang di indonesia dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, pengetahuan,
pendapatan dan gaya hidup.
Perkembangan Ritel di
Indonesia :
- Tahun 1860-an
Pertama
kalinya gerai ritel modern berdiri di indonesia,ditandai dengan dibukanya
Toserba gerai retail pertama SARINAH di Jl. MH Thamrin. Dan menjadi Toserba
percontohan pertama di indonesia dan dapat di terima oleh masyarakat.
- Tahun 1970-1980-an
Berdirinya
gerai retail modern dengan format Supermarket dan Department Store, Matahari,
Hero, Golden Truly, Pasar Raya dan Ramayana. Pada masa ini juga berkembang
format Drug Store, namun Supermarket atau Store ini baru di bangun di kota-kota
besar dan di tuju untuk kalangan menengah ke atas.
- Tahun 1990-an
Timbul istilah Convenience Store
(C-Store),High Class Departmet Store, Branded Boutique (High Fashion) ,Cash and
Carry.
Perkembangan C-store ditandai dengan
maraknya pertumbuhan Indomaret di setiap wilayah di indonesia. Perkembangan
High Class department Store dan High Fashion Outlet, ditandai dengan masuknya
SOGO awal 1990-an dari jepang dan, Metro, Seibu,Yaohan, Mark & Spencer dan
berbagai outlet high fashion lainnya. Di tahun 90-an ini bermunculan
Store-store asing yang datang ke indonesia . pemerintah membuat kebijakan Keputusan Presiden No. 99/1998, yang menghapuskan larangan
investor dari luar untuk masuk ke dalam bisnis ritel di indonesia.
- Tahun 2000 s/d sekarang
Era Hypermarket, Factory Outlet,
Category Killer dan perkenalan dengan e-retailing.
Era Hypermarket ditandai dengan
berdirinya Hypermarket GIANT.
Ada Factory
Outlet yang menyediakan berbagai
jenis pakaian. Jenis ritel bisnis modern lainnya adalah Distro atau Distribution
Outlet. Distro ini biasannya menyajikan berbagai jenis pakaian, terutama
baju dan kaos yang diproduksi dengan desain yang unik dan dipasarkan di sebuah
gerai. Biasanya harga dari pakaian yang ditawarkan dari Distro ini lebih mahal
dari pada harga yang ditawarkan oleh Factory Outlet.Adanya
kebutuhan akan barang bagus/bermerek dengan harga miring akibat krisis ekonomi
yang berkepanjangan
Teknologi semakin maju pertumbuhan
smart phone dan penggunaan perangkat gadget lainnya makin tumbuh sangat drastis.
Tingkat kepemilikan PC dan akses internet akan semakin merata di Indonesia,
sehingga mendorong ke arah perkembangan e-retailing. Pemesanan dan pembayaran
produk dilakukan melalui internet. Memperoleh kemudahan karna dapat memesan
dimana saja, membayar melalui internet dan barang dapat di antar ke tujuan
pemesan.
Komentar
Posting Komentar