PENCEMARAN LINGKUNGAN



PENCEMARAN 

Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup,zat,energi atau komponen lain ke dalam air atau udara.Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam,sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.kerusakan lingkungan adalah deteriorasi lingkungan dengan hilangnya sumber daya air,udara,dan tanah; kerusakan ekosistem dan punahnya fauna liar
Kategori pencemaran
Pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi:
·         Pencemaran air
·         Pencemaran udara
·         Pencemaran tanah
·         Pencemaran suara

Ø  Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi.

Ø  Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

Ø  Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami.

Ø  Pencemaran suara adalah keadaan dimana masuknya suara yang masuk terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan manusia.

Semakin majunya teknologi maka akan mempengaruhi atau memberikan kemajuan juga terhadap dunia ilmu pengetahuan, semakin canggih peralatan yang di ciptakan oleh seseorang maka akan lebih mudah pula untuk mengembangkan ilmu,

Zat-zat kimia banyak membantu dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Tapi di balik itu, zat-zat kimia ternyata juga menjadi penyebab utama tercemarnya lingkungan.
Bidang ilmu kimia lingkungan ini dapat didefinisikan sebagai studi terhadap sumber ,reaksi.transpor, efek, dan nasib zat kimia di lingkungan udara,tanah,dan air, serta efek aktivitas manusia terhadapnya.Lingkungan kimia adalah ilmu kimia atmosfer, akuatik, dan tanah dan juga sangat bergantung dengan kimia analitika, ilmu lingkungan, dan bidang-bidang ilmu lainnya.

Pencemaran terhadap lingkungan dapat terjadi dimana saja dengan laju yang sangat cepat, dan beban pencemaran yang semakin berat akibat limbah industri dari berbagai bahan kimia.
Ketika alam rusak dihancurkan dan sumber daya menghilang, maka lingkungan sedang mengalami kerusakan.

Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia, maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan.

Daftar pustaka
Tresna, Sastrawijaya. 2000.Pencemaran Lingkungan.Jakarta:PT Rineka Cipta.
http://id.wikipedia.org/wiki/Kerusakan_lingkungan
http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran 
 http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara
http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_tanah
http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_suara






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum atau UU yang mendukung Kelancaran UKM

4.Hak Guna Paten (Franchising) dan Pemasaran Langsung dan Bentuk-bentuk Kepemilikan

5.Rencana-rencana Pemasaran